Selasa, 01 September 2015

tugas ips ( LETAK ASTRONOMI INDONESIA DAN GEOGRAFI INDONESIA )

                                                     LETAK ASTRONOMIS

1. Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Garis lintang adalah garis khayal yang melintang melingkari bumi, dan mengakibatkan membagi 2 bagian bumi, yaitu bumi bagian utara dan bumi bagian selatan. Garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan, dan mengakibatkan membagi 2 bagian bumi, yaitu bumi bagian barat dan bumi bagian timur. Letak astronomis Indonesia adalah 6 derajat Lintang Utara , 11 derajat Lintang Selatan , 95 derajat - 141 derajat Bujur Timur. Dengan letak astronomis Indonesia tersebut, Indonesia termasuk dalam daerah tropis. Daerah tropis dibatasi oleh 23,5 derajat Lintang Utara dan 23,5 derajat Lintang Selatan. Daerah tropis adalah daerah yang memiliki 2 musim saja, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau di Indonesia biasanya terjadi pada bulan Mei - September. Musim kemarau diakibatkan karena angin muson timur. Tetapi angin muson adalah angin periodik yang biasanya terjadi di daerah Samudra Hindia dan sebelah selatan Asia. Angin muson timur terjadi / berhembus karena suhu di benua Australia lebih tinggi dari pada benua Asia, dan angin muson timur terjadi dikarenakan di daerah Australia banyak gurun dan lautannya sempit, sehingga membawa uap panas, dan menyebabkan musim kemarau. Musim penghujan di Indonesia biasanya terjadi pada bulan Oktober - April. Musim penghujan terjadi karena angin muson barat. Angin muson barat terjadi / berhembus karena suhu di benua Asia lebih tinggi dari pada di daerah benua Australia, angin muson barat dapat mengakibatkan musim penghujan karena di daerah Asia lautannya luas, sehingga membawa uap air. 

 KEUTUNGAN DARI LETAK ASTRONOMIS INDONESIA : 
1. letak astronomis Indonesia relatif aman karena dapat terhindar dari bencana angin siklon / badai. angin siklon adalah angin yang terjadi di lintang 10 derajat > 20 derajat Lintang Utara/ Lintang Selatan. 
2. sinar matahari selalu ada sepanjang tahun dan suhu udara di Indonesia tidak terlalu ekstream (tidak jauh berbeda antar musim ), sehingga masih cukup nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan di luar rumah maupun di dalam rumah.
3. lama siang dan malam di indonesia juag hampir sama yaitu 12 jam siang dan 12 jam malam. 


 KERUGIAN DARI LETAK ASTRONOMIS INDONESIA :
1.Dapat membuat Indonesia sebagai jalur lalu lintas kriminalitas internasional.Seperti lalu lintas perdagangan narkoba dan perdagangan anak.
2.Kontrool pemerintah pusat dengan daerah sulit terjadi.Masih banyak pula wilayah terpencil yg belum terjamah saran pendidkan,kesehatan,dll akibat wilayah Indonesia yg luas dan tediri atas banyak pulau.

(sumber :  Wikipedia, ensiklopedia bebas. buku paket ips smp kelas vii,buku paket ips  ( mandiri ) penerbit : erlangga.) 

               

( sumber : google ---------> 99gambar.blogspot.com)

                                           LETAK GEOGRAFIS

2. Letak geografis adalah letak suatu negara di permukaan bumi. secara geografis, Indonesia terletak di antara 2 benua dan 2 samudra.benua yang mengapit Indonesia adalah benua Asia yang terletak di sebelah utara Indonesia dan benua australia yang terletak di sebelah selatan Indonesia. samudrra yang mengapit Indonesia adalah samudra pasifik di sebelah timur Indonesia dan samudra hindia di sebelah barat Indonesia. 

WILAYAH INDONESIA JUGA BERBATASAN DENGAN SEJUMLAH WILAYAH. BATAS - BATAS WILAYAH INDONESIA DENGAN WILAYAH LAINNYA SEPERTI BERIKUT : 
1. di sebelah utara, indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura , Palau , Filipina , dan Laut Cina Selatan.
2. di sebelah selatan , indonesia berbatasan dengan Timor Leste , Australia , dan Samudra Hindia.
3. di sebelah barat , indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia 
4. di  sebelah timur , indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.


KEUNTUNGAN DARI LETAK GEOGRAFIS INDONESIA :
 1. letak geografis indonesia sangat strategis karena menjadi jalur perdagangan dunia antara negara - negara dari Asia Timur dengan negara - negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan India.
letak geografis indonesia memberi pengaruh bagi indonesia, baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya.
2. karena indonesia menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia, bangsa indonesia telah lama menjalin interaksi sosial dengan bangsa lain.
3. interaksi sosial melalui perdaganngan tersebut kemudian menjadi jalan bagi masuknya berbagai agama ke indonesia, seperti islam, kristen , katolik, hindu, budha.
4. indonesia mendapat berbagai produk barang seperti kain dan tenunan halus, porselen , dari proses penjualan dari negar india dan china.




 (sumber : google ---------> hepta7.blogspot.com )


KERUGIAN DARI LETAK GEOGRAFIS INDONESIA :

1.budaya dari negara lain yang tidak selalu sesuai dengan budaya indonesia kemudian masuk dan mempengaruhi kehidupan budaya bangsa indonesia, misalnya pergaulan bebas, kesantunan.
2. indonesia juga rentan terhadap masuknya barang - barang terlarang, seperti narkoba, minuman keras. 
(sumber :  Wikipedia, ensiklopedia bebas. buku paket ips smp kelas vii,buku paket ips  ( mandiri ) penerbit : erlangga.)  


 ( sumber : ---------> abelpetrus.wordpress.com)


(sumber :  Wikipedia, ensiklopedia bebas. buku paket ips smp kelas vii,buku paket ips  ( mandiri ) penerbit : erlangga, google , abelpetrus.wordpress.com, 99gambar.blogspot.com, hepta7.blogspot.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar